Penyembelihan dan Penyaluran Hewan Qurban 1440H

243
0

Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Miftahul Khoir tahun ini mengadakan acara penyembelihan dan penyaluran hewan qurban kepada para santri penghafal Al Qur’an. Acara dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2019 atau bertepatan dengan 11 Dzulhijjah 1440H.A

Sebelum acara penyembelihan dan penyaluran hewan qurban, dibentuk panitia qurban 1440H yang semuanya dari pengurus OSMK (Organisasi Santri Miftahul Khoir). Dalam seminggu setiap hari kita lakukan rapat koordinasi untuk supaya acara berjalan lancar, nyaman dan tertib.

Proses Pemotongan Hewan Qurban
Pimpinan Ponpes KH. Aep Saepulloh Bersiap-siap memotong hewan qurban

BAGIAN PROSES (PEMOTONGAN, PEMECELAN, PACKING DAN PENIMBANGAN)

Proses Pengulitan Hewan Qurban
Para pegawai dan relawan sedang bekerja menguliti hewan qurban
Santri Ikut membantu memotong daging qurban
Pemecelan (Pemotongan Daging Qurban)

Santri dibagi kepada beberapa kelompok, ada bagian penerimaan, penyembelihan, dan pendistribusian.

Santri dibagian penerimaan harus berupaya untuk menjaga hewan qurban supaya tetap sehat dan siap untuk dipotong. Juga menyediakan lubang darah tempat pemotongan hewan qurban.

Santri dibagian pem-prosesan bertugas untuk memantau proses penyembelihan, pemecelan atau pemotongan daging qurban), packing dan penimbangan. Dibagian ini para santri dibantu oleh para pegawai.

Proses pemecelan atau pemisahan daging qurban
Proses pemotongan daging qurban, salah satunya adalah santri PPTQ

Makan siang dengan sate, yummi!

Santri dan Orang Tua Menyiapkan daging untuk disate
Santri Akhwat sedang menusuk-nusuk daging untuk dibuat sate sebagai menu konsumsi siang hari

Tampak beberapa santri dibantu para orang tua sedang sibuk menyiapkan daging untuk disate. Sebagai konsumsi seluruh panitia dan pegawai, kita menyediakan sate dengan bumbu khas Mamah, istri dari pimpinan Ponpes Miftahul Khoir.

Santri Akhwat sedang Menyate
Keceriaan Santri Sedang Menyate

Beberapa santri juga terlihat sibuk dengan proses menyate hingga muka terkena asap dan kadang timbul batuk. Insya Allah berkah.


Alhamdulillah kita makan sate diarea ponpes beserta seluruh pegawai dan beberapa warga dan santri ikut menyantap siang. Para panitia qurban pun tak ketinggalan.

Beberapa pegawai masih sibuk menguliti, memotong hingga menimbang daging yang siap untuk didistribusikan.

Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar berkat kerja keras seluruh panitia dan pegawai, juga asatidz dan asatidzah PPTQ Miftahul Khoir

BAGIAN DISTRIBUSI

Distribusi Penyaluran Hewan Qurban
Ustadz Fathan dan Santri Aly Akmal Hidayatulloh

Yang terakhir Santri dibagian pendistribusian bertugas untuk menyalurkan hewan qurban kepada para mustahiq. Terbagi kepada 5 kelompok yaitu kelompok A (Santri Marhalah Ibtidai), B (Santri Marhalah Wustho), C (Santri Marhalah Aly), D (Asatidz dan Pegawai), E (Warga Sekitar dan Permintaan Khusus).

Alhamdulillah total sekitar 380-an daging qurban telah didistribusikan kepada para mustahiq terutama para penghafal Al Qur’an di PPTQ Miftahul Khoir.

Distribusi Penyaluran Hewan Qurban Galeri
Distribusi Penyaluran Hewan Qurban oleh salah satu santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *