Kegiatan Tahfiz Setoran Harian atau Ziyadah di Area Ponpes

659
0

K egiatan Setoran Harian atau yang disebut dengan Ziyadah di Area Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Miftahul Khoir Tasikmalaya. Ziyadah termasuk dalam program Tahfiz Utama dan diwajibkan bagi seluruh santri untuk ikut program ini.

Ziyadah dimulai pada pukul 5.00 WIB setelah para santri melaksanakan shalat Subuh Berjamaah. Dengan dipimpin oleh Muhafizh atau Muhafizhah dari setiap kelompoknya, para santri mengantri menyetorkan hafalannya sesuai target masing-masing. Kegiatan biasanya berakhir pada pukul 06.00 WIB, namun ada juga yang masih menyetorkan hafalannya sampai pukul 06.30 WIB.

Para santri berusaha untuk menyetorkan hafalannya sebelum berangkat ke sekolahnya masing-masing. Santri yang memiliki persiapan lebih matang, biasanya menyetorkan hafalannya lebih dini hingga bisa bersiap-siap untuk pergi sekolah. Para santri juga dianjurkan untuk melakukan isti’dad atau persiapan hafalan baru sehari sebelumnya atau pada waktu sore sampai malam di hari sebelumnya.

Alhamdulillah lebih dari 30 santri ikut dalam program ziyadah subuh yang rata-rata mereka adalah santri pondok (santri yang mondok di asrama). Target dimulai dari 1 ayat per hari, ada yang 3 baris per hari, 1/2 halaman bahkan 1 halaman per hari. Ada juga yang menyetor lebih dari 1 halaman per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *