Awal Perjuangan Mereka – Para Pejuang Qur’an 30 Juz

369
0

Tahun 2015 merupakan awal dari perjuangan mereka, yaitu para santri yang berjuang untuk mengkhatamkan qur’an 30 juz di Ponpes Miftahul Khoir yang beralamat di Jalan KH. Tubagus Abdullah Kampung Pasirjaya, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Indonesia

Dengan fasilitas dan guru yang seadanya, mereka para pejuang 30 juz tidak menurunkan semangat untuk bisa membaca dan menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an.

Masjid Hamzah bin Abdul Muthalib

Masjid Hamzah bin Abdul Muthalib, Masjid Ponpes Miftahul Khoir yang berdiri sudah puluhan tahun dan masih tetap kokoh sampai saat ini.

Masjid ini dibangun oleh WAMY dan disahkan langsung oleh perwakilan dari negara Qatar. Dengan disaksikan oleh para santri awal dan ustadz ustadzah setempat.

Terlihat kondisi lingkungan yang masih asri dan jauh dari polusi serta kebisingan sangat cocok untuk menghafal Al Qur’an yang memerlukan fokus dan konsentrasi penuh serta keluarga yang mendukung.

Disinilah Lahirnya Para Penghafal Al Qur’an

Kelompok Tahfiz Marhalah Ibtidai (TK-SD) Sedang Berkumpul Menunggu Ustadz Ustadzah

kegiatan tahfiz halaqoh marhalah ibtidai

Kegiatan tahfiz dilakukan di madrasah ponpes yang saat itu masih sangat sederhana. Dengan metode belajar tahsin terlebih dahulu langsung dari ustadz ustadzah yang berpengalaman.

kegiatan tahsin dan tahfiz di madrasah ponpesTerlihat para santri sangat khusuk dan berantusias untuk bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Juga terlihat beberapa santri yang dibimbing oleh ustadz langsung jika melakukan kesalahan.

Ada yang masih IQRO ada juga yang sudah langsung bisa membaca Al Qur’an namun masih harus diperbaiki dari sisi kualitas Tajwidnya. Saat itu santri ikhwan dan akhwat masih digabung karena keterbatasan jumlah guru atau asatidz.

Kegiatan tahsin dan tahfiz di madrasah ponpes bersama ustadzah

Ustadzah juga melakukan kegiatan yang bisa membuat setoran menjadi lebih menyenangkan dan tidak bosan. Salah satunya dengan metode quiz atau salah satu atau semua santri ditanya tentang beberapa hal.

Terlihat para santri berantusias menjawab pertanyaan dari ustadzah dan tidak sedikit dari mereka yang salah dalam menjawab.

Kita mendoakan mereka supaya Allah SWT. memudahkan langkah mereka dalam menghafal Al Qur’an dan juga memberikan keberkahan baik untuk diri mereka sendiri, keluarga, lingkungan dan juga untuk kemajuan umat islam pada umumnya. Go Hamasah! Allahu Akbar!

Semangat 30 Juz !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *