Hiu dan Salmon

361
0

Pada menu ikan masakan Jepang, ikan salmon akan jauh lebih enak dinikmati jika ikan tersebut masih dalam keadaan hidup saat hendak diolah dibandingkan dengan ikan salmon yang sudah diawetkan dengan es. itu sebabnya, para nelayan Jepang selalu memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dalam perjalanan menuju daratan, salmon-salmon tersebut tetap hidup.

Namun, pada kenyataanya banyak salmon yang mati di dalam kolam buatan tersebut. Bagaimana cara nelayan Jepang menyiasatinya? Ternyata, para nelayan itu memasukkan seekor hiu kecil ke dalam kolam tersebut. Sungguh ajaib!

Hiu kecil itu “memaksa” salmon-salmon itu terus bergerak agar jangan sampai ia mangsa. Akibatnya, banyak ikan salmon yang tetap hidup dan jumlah salmon yang mati justru menjadi sangat sedikit.

Diam membuat kita mati
Bergerak membuat kita hidup
Kemudian, apa yang membuat kita diam?
Saat tidak ada masalah dalam hidup dan saat kita berada dalam zona nyaman, situasi seperti ini kerap membuat kita terlena. Begitu terlenanya sehingga kita tidak sadar bahwa kita telah mati. Ironis, bukan?

Kemudian, apa yang membuat kita bergerak?
Masalah! SEkali lagi, masalah! Tekanan hidup dan tekanan kerja!
Saat masalah datang, secara otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif dan berusaha mengatasi semua pergumulan hidup itu. Tidak hanya itu, kita pun menjadi kreatif dan potensi diri menjadi berkembang luar biasa.

Jangan lupa, kita akan bisa belajar banyak dalam hidup ini bukan pada saat keadaan nyaman, tetapi justru pada saat kita menghadapi badai kehidupan.

Oleh karena itu, syukurilah kehadiran “hiu kecil” yang terus memaksa kita untuk bergerak dan tetap survive. Never Give up!

Hikmah

Berbuatlah untuk duniamu seolah-olah kamu hidup selamanya, dan berbuatlah untuk akhiratmu, seolah kamu mati esok hari.
Dalam menjalankan kehidupan, Allah memerintahkan kita untuk terus berusaha memberikan yang terbaik. Manusia terbaik adalah yang terus bergerak, memanfaatkan setiap potensi yang ia miliki untuk kehidupannya.
Yakinlah dengan janji Allah dan jangan cepat putus asa dengan masalah yang dihadapi, sebaliknya tingkatkan usaha dan kuatkan semangat untuk mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *